Monday, August 22, 2011

Doa Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh



Lebaran akan tiba, Anggota keluarga Rumah Sifa sudah siap-siap untuk melakukan perjalanan jauh. Saya sebagai Kepala Keluarga :D tidak lupa untuk memberitahu Istri dan Anakku si Fikri untuk berdoa terlebih dahulu, agar keselamatan serta perlindungan Allah Azza Wa Jalla tetap terlimpah di Keluarga ini.

Doa ini dilakukan ketika kita akan berangkat dan pastinya kita harus mentaati etika berdoa. Duduk dan mengangkat tangan seraya mengingat kebesaran dan kuasa Allah SWT yang telah memberi kita hidup ini.

Berikut doa sebelum melakukan perjalanan jauh. Diambil dari Hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari :

“Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa inna ila robbina lamunqolibuun. Allahumma inni nas’aluka fi safarina hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shohibu fis safar, wal kholifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsa’is safar wa kaabatil manzhori wa su’il munqolabi fil maali wal ahli”

Artinya :
“Allah Maha Besar, Maha Suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadamu di dalam perjalanan kami ini kebajikan dan ketaqwaan, dan amal yang Engkau ridhai; Ya Allah, mudahkanlah perjalanan ini bagi kami dan dekatkanlah jaraknya; Ya Allah, Engkau adalah Penyerta kami di dalam perjalanan ini dan Pengganti kami di keluarga kami; Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari bencana safar dan kesedihan pemandangan, dan keburukan tempat kembali pada harta dan keluarga.”

Dan ketika kita telah kembali dari perjalanan jauh, Dianjurkan untuk membaca Doa

“Aayibnuua taaibuuna aabiduuna li robbinaa haamiduun.”

Artinya :
“Kami kembali dengan bertaubat, tetap beribadah dan selalu memuji Rabb kami.”

Doa diatas adalah ungkapan rasa syukur karena telah diberikan keselamatan dan perlindungan serta masih diberi iman.

Yups...Rumah Sifa mengucapkan selamat bermudik dan sampaikan salam kami kepada Keluarga disana. Semoga perjalanan menyenangkan, mendapat perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

1 Responses to “Doa Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh”

lakeshianaar said...
March 4, 2022 at 5:53 PM

BetMGM to integrate live betting in NJ in 2021 - KTNV
BetMGM 거제 출장샵 will launch 하남 출장안마 its sportsbook in New Jersey in 2021, the second 제천 출장안마 In the U.S., BetMGM, 여수 출장샵 MGM Resorts International and BetMGM 남원 출장안마 launched


Post a Comment